Monday, November 18, 2013

Prospek Telur Ayam Kaya Vitamin E

PENGKAYAAN TELUR AYAM DENGAN VITAMIN E

Pada saat ini manusia sangat membutuhkan nutrisi antioksidan sebagai bentuk kesadaran terhadap perubahan gaya hidup yang berpengaruh terhadap kesehatan karena dapat mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit. Vitamin E merupakan salah satu nutrisi antioksidan yang mampu berperan melindingi tubuh dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Hal ini disebabkan karena berbagai fungsi yang dimiliki oleh vitamin E seperti berperan penting dalam pengaturan metabolisme, melindungi struktur seluler, dan menjaga stabilitas membran biologi dari kerusakan dan juga merupakan bagian penting dari reaksi reduksi oksidasi sel. Vitamin E tidak dapat di sintesis di dalam tubuh manusia, karena itu peningkatan konsumsi vitamin E akan mengurangi resiko berbagai penyakit.



Diketahui bahwa konsumsi produk ternak yang mengandung vitamin E melaui pengkayaan pada pakan ternak dapat meningkatkan asupan vitamin E pada manusia. Disamping itu produk unggas memberikan kontribusi besar terhadap pemenuhan kebutuhan  makanan dan nutrisi antioksidan bagi manusia. Produk unggas seperti daging dan telur umum dikonsumsi oleh manusia karena dilihat dari harga yang terjangkau dan mudah diperoleh, sehingga menjadikan unggas sebagai ternak yang sangat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan protein masyarakat. Oleh karena itu peningkatan dan perbaikan.




Oleh karena itu peningkatan dan perbaikan produksi, reproduksi ayam perlu dilakukan untuk meningkatkan populasi dan kualitas nutrisi produk ayam salah satunya telur sehingga memberikan besar terhadap asupan nutrisi pada manusia. Hal ini dapat dilakukan salah satunya dengan pengkayaan vitamin E dalam pakan ayam untuk meningkatkan performa serta potensi telur ayam sebagai sumber antioksidan.

0 comments:

Post a Comment