Saturday, November 23, 2013

Strategi Pemasaran Produk Lokal Go Global Melalui Media Sosial Berbasis Online

Hampir semua pengguna internet mempunyai akun di situs jejaring social seperti facebook, twitter, Friendster, dan social network lainnya. Saat ini pengguna facebook atau twitter saja sudah hampir puluhan juta dari Indonesia saja,nah sampai saat ini istilah facebook marketing sangat berpotensi untuk mempromosikan produk.
Mencari Pengikut Sebanyak-banyaknya
Hal utama yang perlu  dilakukan ketika membuat akun jejaring sosial untuk perusahaan dan bisnis adalah untuk menarik orang supaya menyukai dan mengikuti halaman yang kita buat. Kita dapat menggunakan akun media sosial bisnis kita, dalam hal ini pemasaran produk telur ayam fungsional melalui  fans page Facebook atau Twitter sebagai media berkomunikasi dengan orang-orang. Jika kita memiliki materi pemasaran seperti website, brosur, selebaran atau iklan jangan lupa cantumkan akun Facebook, Twitter, Linked In (dll).  Semakin banyak orang yang menyukai produk produk telur fungsional dan halaman media sosial maka semakin besar potensi untuk membuat penjualan.
Menjaga Mereka Terhibur dan Nyaman
 Perlu untuk sepenuhnya memanfaatkan semua fitur yang tersedia  pada platform social network pilihan. Jika kita menggunakan Facebook, gunakan fans page bisnis telur fungsional dengan foto sampul yang mengesankan, logo perusahaan atau produk, dan tautan yang merujuk ke konten. Jika ingin menunjukkan sedikit kepedulian, kita dapat memposting hanya untuk sekedar menyapa orang-orang. Pastikan bahwa segala sesuatu yang dipublikasikan dalam kesan yang baik, santun dan tidak ofensif tanpa harus menunjukkan secara langsung bahwa kita sedang berpromosi.
Jangan Memaksa Mereka Membeli Produk Anda
Dengan media sosial tujuannya adalah bukan tentang membuat penjualan langsung, tetapi kita harus menggunakan platform seperti Twitter dan Facebook untuk memberitahu orang-orang tentang  produk kita dan membuat mereka ingin mengunjungi situs kita atau memilih sendiri produk yang kita tawarkan ketika mereka ingin berbelanja produk seperti yang mereka cari. 

Cara Pemasaran Produk Melalui Mobile Apps ( Messenger)
Dewasa ini di Indonesia pengguna mobile messenger semakin meningkat, terutama seiring munculnya trend penggunaan mobile operation system seperti Blackberry, Android, dan Windows. OS tersebut memudahkan seorang pengguna gadget untuk menginstal messenger sebagai pengganti SMS atau bahkan media promosi untuk jual-beli.
Produk
Sebelum menggunakan Messenger kita perlu menciptakan produk inovatif serta memiliki logo atau disain produk yang baik untuk menarik ketertarikan konsumen.
Target Pasar
Target pasar penting untuk ditentukan menentukan kelas pemasaran produk yang kita ciptakan. Sebagai contoh Telur ayam fungsional dapat dikelompokkan penjualannya melalui segmentasi pasar sebagai contoh kalangan dewasa atau lanjut usia.
Pemasaran
Cara pemasaran produk lebih mengarah pada peningkatan awareness akan produk yang diciptakan dengan memasarkan kepada konsumen yang belum memiliki pengetahuan akan produk yang akan dipasarkan sehingga dengan demikian pasar yang didapat akan semakin luas dan besar. Penggunaan Messenger seperti BBM, WA dan lainnya hanya sebagai tool untuk membatu pemasaran produk.
Pemanfaatan Fitur Messenger
Penggunaan messenger sebagai alat promosi sangat bagus karena jaringan konsumen luas, serta biaya yang murah dan mudah digunakan.
Contoh BBM: Pemanfaatan Create Grub, BBM Broadcast Message, Display Picture, dan Status.
Komunikasikan produk dengan konsumen
Setelah menggunakan fitur messenger terdapat respon dari calon konsumen maka langkah berikutnya adalah mengkomunikasikan apa yang konsumen inginkan. Cara ini dapat dilakukan dengan meneruskan komunikasi dengan menunjukkan alamat blog atau media social seperti facebook untuk memperoleh gambaran jelas akan produk yang ditawarkan. Tetap berkomunikasi dengan sopan dan ramah agar calon konsumen dapat merasakan kenyamanan dalam proses berbelanja.
Repeat Order

Kesuksesan kita memasarkan produk tergantung dari adanya repeat order dari konsumen jika kita tetap berkomunikasi dalam messenger maka dengan adanya BBM broadcast Message atau Messenger status akan mengingatkan konsumen akan produk yang kita tawarkan. Jika dalam pembelian pertama sukses memuaskan konsumen maka akan ada repeat order.

0 comments:

Post a Comment